PROGRAM KERJA KKGMI
KECAMATAN DORO, TALUN DAN PETUNGKRIONO
PERIODE TAHUN 2016 - 2018
KATA PENGANTAR...........................................................................................................
DAFTAR ISI........................................................................................................................
KATA PENGANTAR...........................................................................................................
DAFTAR ISI........................................................................................................................
BAB I . PENDAHULUAN...................................................................................................
A. Latar belakang masalah............................................................................................
B. Permasalahan dan pemecahannya............................................................................
C. Landasan..................................................................................................................
D. Tujuan .....................................................................................................................
BAB II. TEHNIK PELAKSANAAN KELOMPOK KERJA GURU
KECAMATAN DORO, TALUN DAN PETUNGKRIYONO
KECAMATAN DORO, TALUN DAN PETUNGKRIYONO
A. Pola kerja KKG........................................................................................................
B. Ruang lingkup latihan kerja......................................................................................
C. Tempat latihan kerja KKG........................................................................................
D. Alokasi waktu...........................................................................................................
E. Metode yang dipergunakan.......................................................................................
F. Pemateri yang terlibat dalam keanggotaan KKG.......................................................
BAB III. SUSUNAN PENGURUS DAN RENTANGAN TUGAS
BAB III. SUSUNAN PENGURUS DAN RENTANGAN TUGAS
· Pengurus inti...........................................................................................................
· Pemandu mata pelajaran.........................................................................................
· Pemandu kelas.......................................................................................................
· Pemandu mata pelajaran.........................................................................................
· Pemandu kelas.......................................................................................................
BAB IV. VISI DAN MISI KKGMI .....................................................................................
BAB V. PROGRAM KERJA KKGMI..................................................................................
BAB VI .PENUTUP.............................................................................................................
BAB V. PROGRAM KERJA KKGMI..................................................................................
BAB VI .PENUTUP.............................................................................................................
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, hidayah dan taufiqnya kepada kami, sehingga kami segenap pengurus KKGMI telah merampungkan program kerja tahunan untuk tahun pelajaran 2015/2016 yang nantinya akan kami fungsikan sebagai bahan acuan dan arahan dalam melaksanakan kegiatan KKGMI di Kecamatan Doro, Talun dan Petungkriono. Program kerja ini merupakan salah satu usaha kami dalam menterjemahkan kebijakan yang bersifat nasional ataupun yang bersifat regional, sehingga segala yang menjadi tujuan dari segenap pihak yang berkepentingan dalam dunia pendidikan dapat memenuhi harapan.
Penyusunan program kerja ini disusun berdasarkan tugas, tanggung jawab dan peranan kami sebagai fungsionaris yang terjun langsung di pendidikan tingkat dasar yang sangat menentukan berhasilnya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien yang nantinya akan bermuara pada peningkatan kualitas profesional guru pada pelaksanaan proses pembelajaran dikelas, sehingga mempunyai dampak positif terhadap peningkatan prestasi siswa dimadrasah baik pada kegiatan intrakurikuler maupun kegiatan extrakurikuler.
Tentu saja dalam susunan program kerja ini tidak sepenuhnya terlepas dari berbagai macam kekeliruan karena kami hanyalah manusia biasa dan kami akan berusaha seoptimal mungkin untuk memperbaikinya dalam pelaksanaan program ini nanti setelah ada kritik ataupun saran baik dari rekan-rekan guru, kepala Madrasah maupun instansi terkait lainnya yang sangat berkepentingan dengan dunia kependidikan.
Tentu saja dalam susunan program kerja ini tidak sepenuhnya terlepas dari berbagai macam kekeliruan karena kami hanyalah manusia biasa dan kami akan berusaha seoptimal mungkin untuk memperbaikinya dalam pelaksanaan program ini nanti setelah ada kritik ataupun saran baik dari rekan-rekan guru, kepala Madrasah maupun instansi terkait lainnya yang sangat berkepentingan dengan dunia kependidikan.
Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pengawas Madrasah dan segenap KKMI di Kecamatan Doro, Talun dan Petungkriono yang banyak memberikan bantuannya dalam penyusunan program kerja ini, serta tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang juga membantu dalam penyelesaian program kerja KKGMI ini.
Pekalongan, 23 Januari 2016
Pengurus KKG
Ketua Sekretaris
Muhamad. Rasdi, S. Pd. I Santoso, S. Pd. I
NIP.196912222007011032 NIP.198205082005011003
Pekalongan, 23 Januari 2016
Pengurus KKG
Ketua Sekretaris
Muhamad. Rasdi, S. Pd. I Santoso, S. Pd. I
NIP.196912222007011032 NIP.198205082005011003
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Madarash dasar merupakan pendidikan awal dan menjadi dasar dari segala pendidkan yang ada diatasnya,maka diperlukan pendidikan yang professional, sehingga peserta didik betul-betul bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang ada diatasnya.Selan itu Madarash dasar juga mempersiapkan peserta didiknya agar dapat terjun dalam masyarakat dan dapat mengembangkan sikap belajar sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan seumur hidup.Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam GBHN,Tap MPR No.II MPR/ 1988 yang berbunyi : “Pendidikan adalah merupakan proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia.Pendidikan berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan dilingkungan keluarga,Madarash dan masyarakat.Karena itu pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga,masyarakat dan pemerintah”.
Sebagai lembaga pendidikan yang paling bawah,Madarash dasar merupakan ujung tombak untuk mengkader peserta didik secara optimal dan berdaya guna,yang hal ini memerlukan kualitas dan kuantitas dari semua komponen pendidikan yang terkait didalamnya.Berbagai usaha mutlak diperlukan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diidam-idamkan oleh segenap insane pendidikan.
Adapun komponen pendidikan yang mempunyai peranan penting di lembaga pendidikan adalah kepala Madarash yang berfungsi sebagai supervisor disamping sebagai tenaga pembimbing terhadap guru yang berada di lingkungan Madarash tersebut.Sedangkan yang berhadapan langsung dengan peserta didik dan yang bertanggung jawab atas keberhasilan anak dalam pendidikan adalah guru,dan gurulah yang paling banyak berinteraksi didalam kelas begitu juga orang yang paling menentukan kondisi kelas karena pengelolaan kelas sangat tergantung kepadanya,semakin baik perencanaan dan pelaksanaannya maka akan semakin baik pula hasil yang akan diperolehnya.
Demikian pula peran serta Orang tua peserta didik juga sangat dibutuhkan untuk keberhasilan suatu pendidikan,bahkan Orang tua merupakan pendidik utama dan pertama dalam pendidikan murid di rumah sekaligus penentu jalannya pendidikan peserta didik di rumah,sebagaimana yang diisyaratkan dalam Hadits Nabi Muhammad SAW,”
Artinya : “ Dari Abi Hurairoh R,A. Dia berkata,”Rosulullah SAW Bersabda,Tidak ada seorangpun yang dilahirkan kecuali Dia itu lahir atas fitroh (suci/Islam Pen.), Lalu kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nashoro dan Musyrik. (Hadits ini Kami keluarkan dalam syarah shoheh Muslm Juz 16 hal.177-178
Artinya : “ Dari Abi Hurairoh R,A. Dia berkata,”Rosulullah SAW Bersabda,Tidak ada seorangpun yang dilahirkan kecuali Dia itu lahir atas fitroh (suci/Islam Pen.), Lalu kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nashoro dan Musyrik. (Hadits ini Kami keluarkan dalam syarah shoheh Muslm Juz 16 hal.177-178
B. PERMASALAHAN DAN PEMECAHANNYA
Memperhaikan peranan dan fungsi segenap komponen Madarash sebagaimana tersebut diatas,maka kami perlu mengemukakan beberapa permasalahan sekaligus pemecahannya sebagaimana berikut :
1. Adanya perbedaan diantara guru dalam menguasai materi pelajaran serta perlunya perbaikan metode pembelajaran, penggunaan media/alat dan system Evaluasi belajar.
2. Adanya perbedaan persepsi tentang penguasaan terhadap kurikulum berbasis kompetensi.
3. Dari hasil pemantauan di lapangan dijumpai beberapa indikator bahwa belum semua guru memiliki kemampuan mendalami materi pelajaran untuk dijabarkan menjadi materi esensial, dalam arti bahwa dalam PBM belum sepenuhnya menggunakan pendekatan Tematik, KTSP dan Kurikulum 2013, peran guru sebagai dinamisator belajar siswa belum diterapkan, sementara metode ceramah dan tanya jawab masih sangat dominan digunakan.
4. Para guru belum sepenuhnya menggunakan buku-buku sumber dan buku-buku pelengkap sebagai sumber belajar siswa dan belum dibiasakan menggunakan media belajar.
5. Bertitik tolak dari masalah-masalah tersebut diatas maka kelompok kerja guru (KKG) dipilih sebagai suatu model dalam upaya mengentaskan dan meningkatkan kemampuan guru. karena selama beberapa tahun terakhir ini program KKG khususnya di KKGMI Kecamatan Doro, Talun dan Petungkriono tidak dapat berjalan dengan efektif dan efisien,sehingga perlu dukungan dari semua pihak utamanya dari lembaga yang terkait.
6. Dengan latihan kerja guru melalui forum KKGMI usah membina dan meningkatkan kemampuan guru khususnya guru di KKGMI Kecamatan Doro, Talun dan Petungkriono diharapkan dapat berjalan lebih efektif dan efisien, dengan dana yang relatif kecil dapat menjangkau sasaran yang lebih luas.dengan forum ini pula para guru dapat belajar dan bertukar pengalaman serta berlatih bersama-sama dengan prinsip dari guru,oleh guru dan untuk guru.
C. LANDASAN
Dalam penyusunan program kerja gugus ( KKG) ini kami berlandaskan pada :
a. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS
b. Peraturan pemerintah Nomor 19 tahun205 tentang Standar Pendidikan Nasional.
c. Permendiknas No. 22,23,24 tahun 2006 tentang Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, dan Pelaksanaan SI dan SKL.
d. Pengarahan Kasi Penma Kemenag. Kab. Pekalongan.
e. Saran dan petunjuk teknis dari pengawas Madrasah Kec. Doro, Talun dan Petungkriono.
f. Masukan dari para kepala Madarash khususnya KKMI Kec. Doro, Talun dan Petungkriono.
g. Masukan dari para rekan guru se KKMI Kec. Doro, Talun dan Petungkriono.
D. TUJUAN
Penyusunan program kerja ini bertujuan :
1) Untuk dapat memperlancar upaya peningkatan mutu pengetahuan, wawasan, kemampuan dan keterampilan professional para tenaga kependidikan.
2) Sebagai Wahana dan wadah dari guru untuk memecahkan persoalan-persoalan pembelajaran diMadarash masing-masing.
3) Wadah penyebaran informasi,inovasi dan pengembangan professional guru.
4) Mengkoordinasikan dan mengakomodasikan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan peranannya guna meningkatkan penyelenggaraan pendidikan.
5) Sebagai piranti atau pemersatu segenap Guru diwilayah Kec.Doro, Talun dan Petungkriono.
BAB II
TEHNIK PELAKSANAAN KELOMPOK KERJA GURU
KKGMI DORO TALUN DAN PETUNGKRIONO
TEHNIK PELAKSANAAN KELOMPOK KERJA GURU
KKGMI DORO TALUN DAN PETUNGKRIONO
A. POLA KERJA KKGMI
1) Belajar mandiri baik secara individual maupun kelompok.
2) Dari guru, oleh guru dan untuk guru serta dikembangkan untuk anak didik, dalam arti segala permasalahan yang diajukan peserta dipecahkan oleh guru dan dimanfaatkan untuk guru. Permasalahan tersebut bisa berupa materi proses belajar mengajar,sistem penilaian atau komponen lain yang ada hubungannya dengan PBM.
3) Setiap permasalahan dipecahkan bersama melalui diskusi kelompok dengan tahapan sebagai berikut :
Ø Latar belakang masalah
Ø Identifikasi masalah
Ø Pembahasan masalah
Ø Perumusan masalah
Ø Mencari alternatif pemecahan
Ø Memilih alternatif pemecahan yang dianggap paling baik
Ø Menentukan langkah-langkah kegiatan
B. RUANG LINGKUP LATIHAN KERJA
1) Pendalaman materi untuk memperluas wawasan melalui ceramah / penyajian nara sumber,diskusi dan sumber belajar lainnya.
2) Menganalisis materi dengan menggunakan format yang telah ditentukan untuk mengetahui ruang lingkup bahan dan alokasi waktu yang diperlukan.
3) Mendalami pendekatan Tematik dan KTSP serta metode-metode yang mendukungnya.
4) Mendalami system evaluasi yang menyangkut ranah Kognitif,Affektif dan Psikomotor.
5) Mendalami tehnik penyusunan program semester.
6) Mendalami pemanfaatan Media dan alat pelajaran guna menunjang keberhasilan PBM.
7) Mendalami tehnik menyusun soal setiap semester.
C. TEMPAT LATIHAN KERJA KKG
1) Di Madarash yang menjadi PKG ( MI inti )
2) Madarash yang ditunjuk
D. ALOKASI WAKTU
1) Untuk latihan kerja KKGMI di kecamatan Doro, Talun dan Petungkriono dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan, dalam 1 Semester yang pada tiap pertemuan membutuhkan waktu 2 jam.
2) Bila waktu yang direncanakan masih belum mencukupi, maka akan ditambah sesuai dengan kebutuhan.
E. METODE YANG DIPERGUNAKAN DALAM KKGMI
1) Diskusi, baik secara individual maupun kelompok.
2) Studi kasus untuk memecahkan masalah
3) Pemberian tugas atau latihan
4) Simulasi
5) Karya Wisata
F. PEMATERI YANG TERLIBAT DALAM KEANGGOTAAN KKGMI
1) Nara sumber, pakar-pakar / pembina pendidik yang meliputi :
Ø Pengawas Madrasah Kecamatan Doro Talun dan Petungkriono·
Ø KKMI wilayah kecamatan Doro Talun dan Petungkriono.
Ø Guru-guru yang dianggap mampu dari Madrasah-Madrasah yang masuk dalam anggota KKGMI ini.
2) Pakar-pakar pendidikan dari luar kecamatan Doro Talun dan Petungkriono apabila diperlukan
BAB III
SUSUNAN PENGURUS, UNIT KERJA, DAN RENTANGAN TUGAS
Pengurus Inti
Ø K e t u a : Muhamad Rasdi, S. Pd. I ( Guru MIS Kaliketing )
Ø Wakil Ketua : Wanuri, S. Pd.I ( Kepala MIS Tlogopakis)
Ø Sekretaris I : Santoso, S. Pd. I ( Guru MI Futuhiyah )
Ø Sekretaris II : Kusnandar, S. Pd.I ( Guru MII Harjosari)
Ø Bendahara I : Tutur Anisah, S. Pd. I ( Guru MII Harjosari )
Ø Bendahara II : Siti Mutamimah, S. Pd.I ( Guru MIS Wringin Agung)
Pemandu Mata Pelajaran
1) Pendidikan Agama :
a) Al Qur’an Hadis : Ikhwan Farodis, S. Pd. I (Guru MI Hasyim As’ari Mesoyi)
b) Akidah Akhlak : Rubaiyah, A. Ma (Guru MIM Kutosari )
c) Fikih : Eni Tuslikhah, S. Pd. I (Guru MII Harjosari )
d) SKI : M. Subhan, S. Pd. I (Guru MIS Wringinagung )
e) Bahasa Arab : Mohammad Yahya, S.Pd.I ( Guru MIS Kaliketing )
2) PPKN : Hj. Nasehati, S. Pd.SD ( Guru MIM Donowangun 02 Talun)
3) Bahasa Indonesia : Cholidah, S.Pd. I ( Guru MII Harjosari )
4) Matematika : Yusrotunnissa, S. Pd. ( MIS Kaliketing)
5) IPA : Hermansyah, ( Guru MIM Kutosari )
6) IPS : Heny Revana, S. Pd. I ( Guru MIS Tlogopakis)
7) SBK : Kuswati, S. Pd. I ( MIS Wringinagung)
8) Penjaskes : Muqodim , S. Pd. I. ( Guru MIS Kaliketing )
9) Mulok Wajib Bhs. Jawa : Zanto, S. Pd ( MII Harjosari)
10) Mulok Pilihan BTQ : H. M. Tahlis Abdillah ( MI Futuhiyah)
Pemandu Kelas
a) Kelas I : Muslikha, S.Pd.I ( Guru MII Harjosari )
b) Kelas II : Rohmawati, S. Pd.I ( Guru MI Futuhiyah )
c) Kelas III : Rumaniyah, S. Ag ( Guru MIM Kutosari )
d) Kelas IV : Siti Mahmudah, S. Pd. SD ( Guru MIM Donowangun 01 )
e) Kelas V : Sofiyah, S. Pd. I ( Guru MIM Donowangun 02 )
f) Kelas VI : Rini Yuniarti, S. Pd. I ( Guru MIS Kaliketing Doro )
BAB IV
VISI DAN MISI KKG MI
KECAMATAN DORO TALUN DAN PETUNGKRIONO
1) Visi
“UNGGUL DAN TERAMPIL DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DI PENDIDIKAN MADARASH IBTIDAIYAH BERDASARKAN IMAN DAN TAQWA, SERTA MENJADI KKGMI YANG TERBAIK DI TINGKAT KECAMATAN DORO, TALUN DAN PETUNGKRIONO”.
Indikator
Ø Meningkatnya pengembangan kurikulum satuan pendidikan yang mampu mengakomodasi kebutuhan peserta didik dan masyarakat tahun 2015 / 2016.
Ø Terwujudnya peningkatan sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan.
Ø Meningkatnya proses pembelajaran.
Ø Terwujudnya rencana induk pengembangan sarana prasarana pendidikan
Ø Terwujudnya peningkatan kualitas lulusan dalam bidang akademik maupun non akademik
Ø Terwujudnya pelaksanaan manajemen berbasis Madarash dan peningkatan mutu kelembagaan.
Ø Terlaksananya pengembangan implementasi pembelajaran IPA dengan menggunakan sumber belajar sekitar Madarash.
2) Misi
a) Melaksanakan pengembangan kurikulum :
Ø Melaksanakan pengembangan kurikulum satuan pendidikan
Ø Melaksankan pengembangan pemetaan kompetensi dasar semua mata pelajaran.
Ø Melaksanakan pengembangan silabus.
Ø Melaksanakan pengembangan rencana pembelajaran.
Ø Melaksanakan pengembangan sistem penilaian
b) Melaksanakan Pengembangan Tenaga Kependidikan.
Ø Melaksanakan pengembangan profesionalitas guru
Ø Melaksanakan peningkatan kompetensi guru
Ø Melaksanakan peningkatan kompetensi tenaga kependidikan.
c) Melaksanakan Pengembangan Proses pembelajaran.
Ø Melaksanakan pengembangan metode pengajaran.
Ø Melaksanakan pengembangan strategi pembelajaran
Ø Melaksanakan pengembangan strategi penilaian.
Ø Melaksanakan pengembangan bahan ajar / sumber pembelajaran
d) Melaksanakan Rencana Induk Pengembangan Fasilitas Pendidikan
Ø Mengadakan media pembelajaran
Ø Mengadakan sarana prasarana pendidikan.
Ø Menata lingkungan belajar sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif.
e) Melaksanakan Pengembangan/Peningkatan Standar Ketuntasan dan Kelulusan.
f) Melaksanakan Pengembangan Kelembagaan dan Manajemen Madarash.
Ø Melaksanakan MBS.
Ø Melaksanakan monitoring dan evaluasi.
Ø Melaksanakan supervise klinis.
g) Melaksanakan Program Penggalangan Pembiayaan Madarash
Ø Melaksanakan Pengembangan Jalinan Pinjaman Dana
Ø Melaksanakan Usaha Peningkatan Penghasilan Madarash
Ø Pendayagunaan Potensi Madarash (Lingkungan )
Ø Melaksanakan Program Subsidi Silang.
h) Melaksanakan Pengembangan Penilaian
Ø Melaksanakan Pengembangan Perangkat/ Model-Model Pembelajaran
Ø Melaksanakan program evaluasi pembelajaran.
Ø Menyiapkan siswa melalui kegiatan pengembangan bidang akademis, non akademis dan imtaq.
Ø Mengikuti kegiatan lomba akademis dan non akademis dan keagamaan.
i) Melaksanakan Program Pengembangan / Implementasi Pembelajaran IPA.
Ø Melaksanakan kegiatan peningkatan mutu, konstusifitas belajar lingkungan Madarash.
Ø Meningkatkan profesionalisme dan kompetensi guru IPA.
Ø Mengadakan dan mengembangkan fasilitas pembelajaran.
Ø Mengembangkan manajemen pengelolaan.
3). Tujuan
a) Madarash Mengembangkan Kurikulum
· Mengembangkan Kurikulum Satuan Pendidikan dan Kurikulum 2013 untuk Pelajaran Agama dan Bahasa arab pada tahun 2016.
· Mengembangkan pemetaan SK, KD, Indikator untuk kelas 1 s.d 6 pada tahun 2016.
· Mengembangkan RPP Berkarakter untuk kelas 1 s.d 6 semua mata pelajaran.
· Mengembangkan sistem penilaian berbasis kompetensi.
b) Madarash Mencapai Standar Isi (Kurikulum) pada tahun 2016.
c) Madarash Mencapai Standar Isi (Kurikulum) pada tahun 2016.
d) Madarash memiliki/mencapai standart proses pembelajaran meliputi:
· Melaksanakan pembelajaran dengan multimedia dan multistrategi.
· Melaksanakan pendekatan belajar tuntas.
· Melaksanakan pembelajaran inovatif.
e) Madarash memiliki/mencapai standart pendidikan dan tenaga kependidikan sesuai SPM pada tahun 2016 .
f) Madarash memiliki/mencapai standart sarana/prasarana/fasilitas pada tahun 2016.
g) Madarash memiliki/mencapai standar pengelolaan Madarash.
h) Madarash memiliki/mencapai standart pencapaian ketuntasan kompetensi/prestasi/ lulusan.
i) Madarash memiliki/mencapai standart pembiayaan Madarash.
j) Madarash memiliki/mencapai standart Madarash nasional bertaraf Internasional.
4). Program Strategis
1. Pengembangan standart Isi/Kurikulum.
Ø Pengembangan kurikulum satuan pendidikan .
Ø Pengembangan silabus.
Ø Pengembanagan Program Tahunan
Ø Pengembanagan Program semester
Ø Pengembangan RPP.
Ø Pengembangan pemetaan SK, KD.
Ø Pengembangan system penilaian.
2. Pengembangan dan peningkatan SDM pendidikan dan tenaga kependidikan.
3. Pengembangan standart proses pembelajaran.
4. Pengembangan sarana, prasarana dan media pembelajaran.
5. Pengembangan standart pencapaian ketuntasan/kelulusan optimal.
6. Pengembangan manajemen Madarash dan kelembagaan.
7. Pengembangan komite Madarash dan pembiayaan pendidikan.
8. Pengembangan kegiatan lomba akademik dan non akademik.
Strategi Pelaksanaan :
Program-program Strategis dapat dicapai melalui strategi :
a) Sosialisasi.
b) Kerjasama yang sinergis
c) Diklat (Inservice Training/on service training)
d) Workshop.
e) Seminar.
f) Pengaktifan KKGMI
g) In house training.
h) Pembinaan potensi siswa
Ø Ekstrakurikuler
Ø Lomba-lomba
i) Pembekalan
j) Pemberdayaan.
k) Studi banding
l) Pengadaan pembangunan.
Hasil Yang Diharapkan.
Hasil Yang Diharapkan.
a) Terpenuhinya Kurikulum Madarash sesuai PP No 19 tahun 2005 pada tahun 2010.
Ø Tersusunnya kurikulum tingkat satuan pendidikan.
Ø Pemetaan SK/KD, aspek, indikator.
Ø Silabus untuk semua mata pelajaran kelas 1 – 6.
Ø Sistem penilaian untuk semua mata pelajaran kelas 1 -6.
Ø Rencana program pembelajaran untuk semua mata pelajaran kelas 1 – 6.
b) Terpenuhinya tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan sesuai SNP pada tahun 2017.
c) Terpenuhinya standard proses pembelajaran yang menggunakan multimedia dan multistrategi dalam proses sesuai SNP.
d) Terpenuhinya sarana prasarana dan media pendidikan sesuai SNP :
Ø Ruang kelas pada tahun 2016
Ø Ruang computer pada tahun 2017.
Ø Ruang lab IPA pada tahun 2018.
Ø Media pendidikan pada tahun 2018.
e) Tercapainya standart ketuntasan dan kelulusan sesuai SNP pada tahun 2016.
f) Terwujudnya MBS sesuai SNP dan mutu kelembagaan.
g) Terpenuhinya standart pembiayaan pendidikan sesuai SNP pada tahun 2016.
h) Terlaksananya standart penilaian melalui implementasi model-model penilaian dan lomba-lomba potensi akademis, non akademis dan imtaq.
Terlaksananya implementasi pembelajaran IPA dengan menggunakan sumber belajar sekitar Madarash menuju Madarash nasional bertaraf internasional pada tahun 2017
BAB V
PROGRAM KERJA DAN RAB SMT II
PROGRAM KERJA DAN RAB SMT II
KKG MI KECAMATAN DORO, TALUN DAN PETUNGKRIONO
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
1. Program Kerja Rutin
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Produk
|
1.
|
Pertemuan Rutin Guru Pemandu
|
Analisis Buku Guru dan Buku Siswa
|
Guru Kelas/ Mapel
|
Analisis Materi, KD, Indikator, Tujuan Pembelajaran
|
2.
|
Pertemuan Rutin Guru Pemandu
|
Penyusunan Program Tahunan
|
Guru Kelas/ Mapel
|
Program Tahunan
|
3.
|
Pertemuan Rutin Guru Pemandu
|
Penyusunan Program Semester
|
Guru Kelas/ Mapel
|
Program Semester
|
4.
|
Pertemuan Rutin Guru Pemandu
|
Penentuan Kriteria Ketuntasan Minimal
|
Guru Kelas /Mapel
|
KKM
|
5.
|
Pertemuan Rutin Guru Pemandu
|
Diskusi Permasalahan Pembelajaran
|
Guru Kelas /Mapel
|
RPP, Rubrik Penilaian, Media, Metode, dll
|
6.
|
Pertemuan Rutin Guru Pemandu
|
Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran.
|
Guru Kelas/ Mapel
|
Terampil Menggunakan Media Pembelajaran
|
7.
|
Pertemuan Rutin Guru Pemandu
|
Pendampingan Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas/Lesson Study
|
Guru Kelas/ Mapel
|
Trampil proses KBM
|
8.
|
Pertemuan Rutin Guru Pemandu
|
Penyusunan Kisi-kisi Soal, Soal, Editing Soal Semester
|
Guru Kelas / Mapel
|
Kisi-kisi, Bank Soal, Kunci Jawaban
|
9.
|
Pertemuan Rutin Guru Pemandu
|
Penyusunan Soal-soal Tryout Ujian Nasional
|
Guru Kelas 6
|
Bank Soal Tryout UN dan Kunci Jawaban
|
10.
|
Pertemuan Rutin Guru Pemandu
|
Pembahasan Materi dan Pemantapan Menghadapi Ujian Nasional
|
Guru Kelas 6
|
Trik menjawab soal, rangkuman materi dll
|
2. Program Pengembangan
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Produk
|
1.
|
Pertemuan Insidentil KKG
|
Pelatihan Penetapan Perhitungan Angka Kredit
|
Anggota
|
Guru paham dan bisa menghitung sendiri angka kreditnya
|
2.
|
Pertemuan Insidentil KKG
|
Pelatihan Penyusunan Portofolio PK Guru dan PKB
|
Anggota
|
Guru Mampu dan bisa menyusun portofolio PK Guru dan PKB
|
3.
|
Pertemuan Insidentil KKG
|
Pelatihan Guru Pembina Olimpiade MIPA
|
Anggota
|
Guru menguasai teknik dan trik pembinaan Olimpiade MIPA
|
4.
|
Pertemuan Insidentil KKG
|
Penyusunan Blogsite KKG
|
Anggota
|
KKG memiliki Blog/Website
|
5.
|
Pertemuan Insidentil KKG
|
Penerbitan Buletin KKG
|
Anggota
|
Buletin 4 bulanan tentang berbagai hal seputar KKG Gugus 03
|
6.
|
Pertemuan Insidentil KKG
|
Peer coaching TIK Dasar
|
Anggota
|
Guru Terampil Menggunakan TIK
|
7.
|
Pertemuan Insidentil KKG
|
Sosialisasi Implementasi Hasil Workshop/Diklat Guru
|
Anggota
|
Menambah wawasan keilmuwan guru melalui materi terbaru
|
8.
|
Pertemuan Insidentil KKG
|
Mengadakan pertukaran Guru PAI pada PHBI
|
Anggota
|
Silaturahim dan ukuwah islamiyah (syiar Islam)
|
9.
|
Pertemuan Insidentil KKG
|
Mengadakan istiqosah setiap bulan sekali di seluruh Madarash
|
Anggota
|
Syiar Islam dan Keimanan guru dan siswa meningkat
|
10.
|
Pertemuan Insidentil KKG
|
Study Banding lokal ke
|
Anggota
|
Tukar pengalam dan sharing keilmuwan
|
11.
|
Pertemuan Insidentil KKG
|
Pertandingan Olahraga Persahabatan
|
Guru dan siswa
|
Silaturahim dan peningkatan prestasi Olahraga
|
12.
|
Pertemuan Insidentil KKG
|
Persami dan Penjelajahan Pramuka
|
Guru dan siswa
|
Pendidikan karakter
|
3.Materi Kegiatan
Materi kegiatan kelompok kerja KKG Kec. Doro Talun Petungkriono ini direncanakan sebagai berikut:
No
|
Jenis Kegiatan
|
Materi
|
Nara Sumber
|
Metode
Penyajian
|
1
|
Pertemuan 1
Kamis, 14 Januari 2016
MIM Donowangun 01
|
Permilihan Ketua KKG Baru periode 2016-2018
|
1. Ketua KKMI Kec.
2. Pengawas Madrasah
|
Tanya jawab, unjuk kerja,
|
2
|
Pertemuan 2
Sabtu, 23 Januari 2016
MIS Kaliketing
|
Tindak Lanjut Pembuatan Program Kerja KKGMI
|
1. Ketua KKG
2. Pengawas Madrasah
3. Ketua KKMI Kec.
|
Tanya jawab, unjuk kerja, tugas mendiri
|
3
|
Pertemuan 3
Senin, 08 Pebruari 2016
MIS Tlogopakis
|
Sosialisasi Program Kerja KKG MI Periode 2016 – 2018 danPKG dan Evaluasi Diri
|
1. Ketua KKGMI
2. Pengawas Madrasah
|
Ceramah,
Tanya jawab
|
4
|
Pertemuan 4
Kamis, 25 Pebruari 2016
MII Harjosari
|
Pembuatan Kisi-kisi soal dan Soal UTS Semester 2 (dua)
|
1. Pengurus KKGMI
2. Pengawas Madrasah
|
Tanya jawab, unjuk kerja, tugas mendiri
|
5
|
Pertemuan 5
Kamis, 3 Maret 2016
MIS Wringinagung
|
Pengumpulan Kisi-kisi soal dan Soal UTS Semester 2
|
1. Pengurus KKGMI
2. Pengawas Madrasah
|
Tanya jawab, unjuk kerja, tugas mendiri
|
6
|
Pertemuan 6
Sabtu, 26 Maret 2016
MIM Kutosari
|
1. Kajian Akademik
2. Tindak Lanjut Penilaian UTS
|
1. Pengawas Madrasah
2. Ketua KKGMI
|
Ceramah , Tanya jawab, tugas mendiri.
|
7
|
Pertemuan 7
Sabtu, 9 April 2016
MI Futuhiyyah
|
Model Model Pembelajaran PAIKEM
|
1. Pengawas Madrasah
|
Ceramah, Tanya jawab, Tugas Mandiri
|
8
|
Pertemuan 8
Kamis, 28 April 2016
MIS Kaliketing
|
Pembuatan Diktat/Modul dan Panduan Guru
|
Pengawas Madrasah
|
Ceramah, Tanya jawab
Presentasi
|
9
|
Pertemuan 9
Kamis,12 Mei 2016
MIM Donowangun 01
|
Pembelajaran TIK Dasar
|
1. Dul Aziz
2. Pengawas Madrasah
|
Tanya jawab, unjuk kerja, tugas mandiri
|
10
|
Pertemuan 10
Sabtu,28 Mei 2016
MIM Donowangun 02
|
Tindak lanjut Pembelajaran TIK
|
1. Dul Aziz
2. Pengawas Madrasah
|
Presentasi, tanya jawab, Penugasan
|
4. Nara Sumber
Diambil dari nara sumber / instruktur / guru inti sesuai dengan kepakarannya dan memenuhi syarat- syarat di bawah ini :
Pengawas MI yang kompeten .
a) Ketua KKM dan Ketua KKG
b) Guru Pemandu / Guru inti
c) Peserta terlampir.
5. Realisasi Kegiatan
Jadwal Kegiatan
Pertmuan : 1
Tanggal : Kamis, 14 Januari 2016
JAM
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILATOR
|
1.
2.
3.
|
10.00 - 12.00
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
|
Pemilihan Ketua KKG Baru periode 2016 – 2018
Istirahat
Pembinaan
|
Ketua KKM
Nadlirin, S. Pd. I
Pengawas Madrasah
|
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II, III, IV, V, dan VI setiap 2x Pertemuan dalam sebulan sekali (Pada hari , Kamis, 14 Januari 2016 dimulai dari pukul .10.00 WIB sampai dengan jam 14.30 WIB, di MIM Donowangun 01.
-Pertmuan : 2
Tanggal : Sabtu, 23 Januari 2016
JAM
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILATOR
|
1
2
3
|
10.00 - 12.00
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
|
Tindak Lanjut Pembuatan Program Kerja KKGMI
Istirahat
Pembinaan dan Pengarahan
Program Kerja
|
Ketua KKG
Muhamad Rasdi, S.Pd.I
Pengawas Madrasah
1. Bpk. Subiyantho, S.Ag.
2. Dra. Munifah
|
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II, III, IV, V, dan VI setiap 2x Pertemuan dalam sebulan sekali (Pada hari Sabtu, 23 Januari 2016 dimulai dari pukul .10.00 WIB sampai dengan jam 14.30 WIB, di MIS Kaliketing Doro.
Pertmuan : 3
Tanggal : Senin, 08 Pebruari 2016
JAM
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILATOR
|
1
2
3
|
10.00 - 12.00
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
|
Sosialisasi Program Kerja KKG MI
Istirahat
PKG,Evaluasi Diri
|
Ketua KKG
M.Rasdi, S. Pd. I
Bpk,Subiyantho, S.Ag
Ibu,Dra.Munifah
|
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II, III, IV, V, dan VI setiap 2x Pertemuan dalam sebulan sekali (Pada hari ,Senin 08 Pebruari2016 dimulai dari pukul .10.00 WIB sampai dengan jam 14.30 WIB, di MIS Tlogopakis Petungkriono.
Pertmuan : 4
Tanggal : Kamis, 25 Pebruari 2016
JAM
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILATOR
|
1.
2.
3.
|
10.00 - 12.00
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
|
Pembuatan Kisi kisi soal dan Soal UTS Semester 2
Istirahat
Pembekalan Pembutan Kisi kisi soal
|
Pengurus KKG
M. Rasdi, S. Pd.I / Wanuri, S. Pd.I
Pengawas Madrasah
Bpk.Subiyantho,S.Ag
Dra.Munifah
|
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II, III, IV, V, dan VI setiap 2x Pertemuan dalam sebulan sekali (Pada hari ,Kamis 28 Pebruari2016 dimulai dari pukul .10.00 WIB sampai dengan jam 14.30 WIB, di MII Harjosari Doro.
Pertemuan : 5
Tanggal : Kamis, 3 Maret 2016
JAM
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILATOR
|
1.
2.
3.
|
10.00 - 12.00
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
|
Pengumpulan Kisi kisi soal dan soal UTS Semester 2
Istirahat
Pembinaan
|
Pengurus KKG
Pengawas Madrasah
Bpk.Subiyantho,S.Ag
Ibu .Dra.Munifah
|
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II, III, IV, V, dan VI setiap 2x Pertemuan dalam sebulan sekali (Pada hari , Kamis, 3 Maret 2016 dimulai dari pukul .10.00 WIB sampai dengan jam 14.30 WIB, di MIS Wringin Agung Doro.
Pertemuan : 6
Tanggal : Sabtu, 26 Maret 2016
JAM
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILATOR
|
1
2
3
|
10.00 - 12.00
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
|
Kajian Akademik
Istirahat
Tindak lanjut
Penilaian UTS
|
Pengawas Madrasah
Bpk.Subiyantho, S.Ag
Ibu.Dra.Munifah
Ketua KKG
Muhamad Rasdi, S.Pd.I
|
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II, III, IV, V, dan VI setiap 2x Pertemuan dalam sebulan sekali (Pada hari Sabtu, 26 Maret 2016 dimulai dari pukul .10.00 WIB sampai dengan jam 14.30 WIB, di MIM Kutosari Doro.
Pertmuan : 7
Tanggal : Sabtu,09 April 2016
JAM
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILATOR
|
1
2
3
|
10.00 - 12.00
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
|
Model – Model Pembelajaran
Istirahat
Pembelajaran PAIKEM
|
Pengawas Madrasah
Bpk,Subiyantho, S.Ag
Dra.Munifah
|
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II, III, IV, V, dan VI setiap 2x Pertemuan dalam sebulan sekali Pada hari , Sabtu,09 April 2016 dimulai dari pukul .10.00 WIB sampai dengan jam 14.30 WIB, di MI Futuhiyyah Doro.
Pertemuan : 8
Tanggal : Kamis, 28 April 2016
JAM
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILATOR
|
1.
2.
3.
|
10.00 - 12.00
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
|
Pembuatan Diktat
Istirahat
Modul Panduan Guru
|
Pengawas Madrasah
Bpk.Subiyantho,S.Ag
Dra.Munifah
|
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II, III, IV, V, dan VI setiap 2x Pertemuan dalam sebulan sekali (Pada hari ,Kamis, 28 April 2016 dimulai dari pukul .10.00 WIB sampai dengan jam 14.30 WIB, di MIS Kaliketing Doro.
Pertemuan : 9
Tanggal : Kamis, 12 Mei 2016
JAM
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILATOR
|
1.
2.
3.
|
10.00 - 12.00
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
|
Pembelajaran TIK Dasar
Istirahat
Pembinaan
|
Abdul aziz
Pengawas Madrasah
Bpk.Subiyantho,S.Ag
Dra.Munifah
|
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II, III, IV, V, dan VI setiap 2x Pertemuan dalam sebulan sekali (Pada hari ,Kamis, 12 Mei 2016 dimulai dari pukul .10.00 WIB sampai dengan jam 14.30 WIB, di MIM Donowangun 01
Pertemuan : 10
Tanggal : Kamis, 28 Mei 2016
JAM
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILATOR
|
1.
2.
3.
|
10.00 - 12.00
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
|
Tindak Lanjut Pembelajaran TIK
Istirahat
Pembinaan
|
Abdul Aziz
Pengawas Madrasah
Bpk.Subiyantho,S.Ag
Dra.Munifah
|
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II, III, IV, V, dan VI setiap 2x Pertemuan dalam sebulan sekali (Pada hari ,Kamis, 28 April 2016 dimulai dari pukul .10.00 WIB sampai dengan jam 14.30 WIB, di MIM Donowangun 02.
RAB SMT II
KKG MI KECAMATAN DORO, TALUN DAN PETUNGKRIONO
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Pengadministrasian siswa baru Rp 10,000
Pembenahan perangkat kelas Rp 10,000
Diskusi Rp 20,000
Penyusunan Program semester Rp 50,000
Penyusunan Silabus Rp 75,000
Penyusunan Rencana Pembelajaran Rp 100,000
Penyusunan kisi-kisi ulangan harian /semester Rp 10,000
Evaluasi dan analisis Rp 10,000
Bimbingan dan penyuluhan Rp 10,000
Perbaikan dan pengayaan Rp 10,000
Penyusunan soal harian / semester Rp 100,000
Pemanfaatan media pembelajaran Rp 50,000
Pendalaman materi Rp 50,000
Extra kurikuler Rp 25,000
Pendalaman Model Keterkaitan Mapel dgn Imtaq
JUMLAH Rp 565,000
2. KEGIATAN
Pengisian format inventarisasi kelas Rp 10,000
Pengadministrasian siswa baru Rp 10,000
Pembenahan perangkat kelas Rp 10,000
Diskusi Rp 10,000
Penyusunan Program semester Rp 25,000
Penyusunan Silabus Rp 75,000
Penyusunan Rencana Pembelajaran Rp 100,000
Penyusunan kisi-kisi ulangan harian /semester Rp 25,000
Evaluasi dan analisis Rp 10,000
Bimbingan dan penyuluhan Rp 10,000
Perbaikan dan pengayaan Rp 100,000
Penyusunan soal harian / semester Rp 100,000
Pemanfaatan media pembelajaran Rp 10,000
Pendalaman materi Rp 20,000
Pendalaman Model Keterkaitan Mapel dgn Imtaq Rp 10,000
JUMLAH Rp 535,000
RAB DAN PROGRAM KERJA SMT II KKG MI
KECAMATAN DORO, TALUN DAN PETUNGKRIONO
TAHUN PELAJARAN 2016-2018
1. KEGIATAN BIAYA
Pengadministrasian siswa baru Rp 10,000
Pembenahan perangkat kelas Rp 10,000
Diskusi Rp 10,000
Penyusunan Program semester Rp 25,000
Penyusunan Silabus Rp 75,000
Penyusunan Rencana Pembelajaran Rp 100,000
Penyusunan kisi-kisi ulangan harian /semester Rp 25,000
Evaluasi dan analisis Rp 10,000
Bimbingan dan penyuluhan Rp 10,000
Perbaikan dan pengayaan Rp 10,000
Penyusunan soal harian / semester Rp 100,000
Pemanfaatan media pembelajaran Rp 20,000
Pendalaman materi Rp 20,000
Extra kurikuler Rp 20,000
Pendalaman Model Keterkaitan Mapel dgn Imtaq Rp 10,000
JUMLAH Rp 465,000
TAHUN PELAJARAN 2016-2018
1. KEGIATAN BIAYA
Pengadministrasian siswa baru Rp 10,000
Pembenahan perangkat kelas Rp 10,000
Diskusi Rp 10,000
Penyusunan Program semester Rp 25,000
Penyusunan Silabus Rp 75,000
Penyusunan Rencana Pembelajaran Rp 100,000
Penyusunan kisi-kisi ulangan harian /semester Rp 25,000
Evaluasi dan analisis Rp 10,000
Bimbingan dan penyuluhan Rp 10,000
Perbaikan dan pengayaan Rp 10,000
Penyusunan soal harian / semester Rp 100,000
Pemanfaatan media pembelajaran Rp 20,000
Pendalaman materi Rp 20,000
Extra kurikuler Rp 20,000
Pendalaman Model Keterkaitan Mapel dgn Imtaq Rp 10,000
JUMLAH Rp 465,000
JUMLAH DANA KESELURUHAN Rp 1,565,000
Doro, 23 Januari 2017
Ketua KKG Sekretaris
MULKIN, S.Pd Santoso, S. Pd. I
NIP : NIP :
BAB VI
PENUTUP
PENUTUP
Program latihan kerja KKGMI ini adalah sebagai bahan acuan pokok yang akan dipergunakan dalam pertemuan guru-guru, baik guru kelas maupun guru bidang studi sejenis untuk berlatih dan bekerja.
Selain itu program ini juga berungsi sebagai arahan untuk mengentaskan dan meningkatkan kreatifitas guru khususnya di wilayah Kecamatan Doro,Talun dan Petungkriono dengan harapan agar mutu profesionalisme guru dan kualitas pendidikan benar-benar tercapai seoptimal mungkin.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini janh dari sempurna dan terdapat banyak kekurangan ,Untuk itu saran masukan dan kritik membangun kami nantikan dari Bapak dan ibu guru khususnya di KKG MI.Akhirnya kalau ada kekurangan itu semata-mata karena kelemahan kami pengurus.Sebagai manusia biasa yang tidak pernah lepas dari kekurangan dan kesalahan, Semoga laporan ini bermanfaat, Amin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar